Sabtu, Februari 27, 2010

flashdisk



siapa yang tak kenal dengan benda kecil yang bernama flashdisk,flashdisk pada sekarang ini sangat berguna karena bisa menyimpan file-file,document,serta aplikasi didalamnya,apalagi dengan ukurannya yang kecil sehinggah memudahkan untuk dibawa kemana-mana.
USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulis. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.
USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.
flashdisk pertama kali ditemukan oleh dr.fujio masuoka pada tahun 1984 sedangkan nama flashdisk sendiri diberikan oleh kolegannya yang bernama mr.shoji ariizumi.
pemanfaatan flash drive telah berkembang untuk berbagai hal. Contohnya di sebuah artikel diuraikan langkah-langkah men-setting flash drive untuk mem-boot Windows XP. Syarat utamanya memang motherboard dan BIOS dari komputer kita dapat mendukung manajemen booting dari flash drive. Beberapa aplikasi juga dapat dijalankan dari flash drive tanpa harus meng-install-nya terlebih dahulu ke komputer.
Sering kehilangan flashdisk? Memang benda ini ukurannya kecil dan sangat mudah hilang. Oleh karena sebab itu, CHDT Corp. menciptakan flashdisk yang dilengkapi dengan PIN pad yang memungkinkan anda memberi password ke flashdisk. Dengan demikian, sekalipun flashdisk anda hilang, orang yang menemukan tidak akan bisa menggunakan flashdisk tersebut.


Jadi sebenarnya penemu flashdisk sendiri sampai sekarang belum jelas, tapi yang pasti untuk perintisnya adalah Dr Fujio Masuoka tahun 1984, sekaligus penemu flash memory (rintisan dari flash disk).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar