Sabtu, November 13, 2010

Membuat gambar dengan efek 3D

     Sudah lama gak posting,kali ini saya akan posting tentang langkah-langkah untuk membuat gambar dengan efek 3D.Sekarang banyak orang yang membuat wallpaper atau logo atau apa saja lah gambar yang ingin di buat menarik.yaitu dengan memberi efek 3D.Nah disini kita akan mencoba membahas tentang cara membuat efek 3D tersebut pada gambar yang kita buat.gak usah banyak omong,kita mulai saja langkah-langkahnya :
  1. langkah pertama adalah kita membuat dokumen baru,dengan cara pilih file > new atau tekan ctrl+N .Setelah muncul kita atur ukuran dari dokumen yang akan kita buat,seperti pada gambar,setelah itu tekan  OKE.

  2. Pada layer background,kita buat lagi diatasnya layer baru,dengan memilih atau klik icon  create a new layer seperti yang ditunjukkan pada gambar.

  3. Pada layer baru tadi yang otomatis bernama layer 1 ,kita buat gambar bulat dengan menggunakan ellipse tool  atau dengan menekan tombol (u) pada keyboard.Buat gambar dengan ukuran yang jangan terlalu kecil,seperi pada gambar,anda bisa membuatnya lebih besar dari gambar yang ada pada gambar.Buat dengan warna yang anda inginkan,tetapi saya lebih memilih warna hitam,”lebih keren aja gitu,,,,,haha.”

  4. Buat lagi layer sesudah layer1 tadi,otomatis layer tadi bernama layer2,Pada layer ini buat lagi gambar bulat dengan warna putih,tidak dianjurkan menggunakan warna lain,tetapi jika anda bersikeras menggunakan warna lain,apa boleh buad,,hehe...

  5. Pada layer2 tadi anda klik icon add layer mask ,

  6. langkah selanjutnya adalah merubah bentuk warna pada gambar yang berwarna putuh,yang telah kita pilih add layer mask  pada layer2 tadi.kita pilih gradient tool seperti pada gambar.atau tekan tombol (g)pada keyboard.

  7. Pastikan gradient yang kita pilih adalah  foreground to transparent  jika masih dengan tipe gradient yang berbeda kita bisa merubahnya dengan cara klik gradient editor yang ada pada toll bar,atau seperti yang ditunjukkan pada gambar.

  8. Cara menggunakan gradient editor  tadi yaitu dengan menarik garis panjang sesuai dengan yang kita inginkan sampai membentuk warna gradasi yang kita inginkan.

  9. Jika cara saya,hasilnya adalah seperti pada gambar.

  10. Untuk memberi bayangn luar,pada layer1 tadi,kita klik icon add layer style >Drop shadow...

  11. Setelah itu akan tampil pengaturan seperti pada gambar,kita bisa mengatur tebal,warna,hingga jarak bayangan dari gambar yang kita buat tadi.Anda bisa mengikuti cara atau angka yang saya buat  pada gambar,atau jika ingin cara anda,terserah lah...hehe.setelah selesai pilih OK.

  12. Jika sudah selesai,anda bisa memasukkan angka,huruf,simbol,atau gambar lain pada gambar yang sudah seperti 3D tadi,tetapi jika ingin memasukkan gambar,anda harus mentransparankan gambar tersebut.untuk memasukkan huruf,anda harus membuat layer baru lagi diatas layer2,lalu untuk membuat angka atau huruf,pilih horizontal type tool atau menekan tombol (T).Bikin huruf sesuai dengan ukuran yang kita inginkan.

  13. Agar tulisan tersebut kesannya tenggelam atau menyatu dengan gambar 3D tadi,kita buat bayangan ke dalam dengan cara klik icon add layer syle > inner shadow... lalu kita atur kembali besar bayangan,ketebalannya sesuai dengan objek yang akan kita beri bayangn tersebut.setelah selesai pilih ok.

  14. setelah selesai maka hasilnya adalah seperti pada gambar..
 Sekian dlu tutorial tentang cara membuad gambar dengan efek 3D dari saya,,,tunggu tutorial-tutorial lainnya .
silahkan dicoba,jika ada yang ingin kritik atau bertanya,kirim komentar aja yaa  okee..

    1 komentar: