Jumat, April 09, 2010

virus, worm, dan Trojan


Virus,jika data anda ada yang rusak atau komputer sering lambat kemungkinan dikarenakan akibat virus,atau bisa juga akibat gejala lain,tetapi kali ini saya akan membahas tentang virus.     Virus adalah program yang dibuat oleh pihak lain,virus menyebar melalui e-mail,transfer file.virus bisa saja tersembunyi dalam suatu file  .Dengan keberadaan virus di komputer kita bisa saja virus ini merusak ,bahkan menghapus file yang ada,bahkan seluruh hard drive.
Beberapa virus bisa sangat berbahaya. Jenis virus yang paling merusak digunakan untuk merekam keystrokes. Virus ini dapat digunakan oleh penyerang untuk panen informasi sensitif, seperti password dan nomor kartu kredit. Virus bahkan dapat mengubah atau merusak informasi pada komputer.
contoh virus: 

*TROJAN linux
Trojan di akses melalui e-mail,biasanya pada linux red hat,maka dari itu bagi para pengguna linux ini harap berhati-hati karena biasannya virus ini terdapat pada path "security@redhat.com "
ini bukanlah sistem keamanan tetapi merupakan virus.


*BACK DOOR ALINCA
Virus ini juga termasuk virus yang berbahaya karena juga merupakan salah satu type virus trojan horse.sistem operasi yang biasa diserang adalah Windows 2000,Windows 95,Windows 98,Windows me,Windows NT,dan Windows Xp.
Virus ini dapat mengakses dari jarak jauh dan bisa juga mengambil informasi dari komputer yang terserang virus ini.

Worm,adalah program aplikasi yang berbahaya bagi jaringan,worm biasannya menggunakan jaringan untuk menduplikasi kode pada penghuni di jaringan .
hal ini berbeda dengan virus,virus karena worm tidak perlu melampirkan program untuk menginfeksi host. Bahkan jika worm tidak merusak data tidak atau aplikasi pada host itu menginfeksi, ini berbahaya untuk jaringan karena mengkonsumsi bandwidth.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar